Marketing system yang saya ajarkan ke semua client saya selalu memulai dari strategi yang paling murah tapi efektif. 2 dari 10 ex-pelanggan anda masih berpotensi menggunakan jasa anda. Sementara berapa banyak pengusaha yang tidak memanfaatkan database pelanggan sebagai senjata marketing. Saya beri contoh:
1. Berapa banyak ex pelanggan anda saat ini?
2. Berapa banyak data pelanggan yang tercecer di bisnis anda?
3. Berapa banyak data pelanggan yang tercantum di invoice namun tidak pernah di kelola?
4. Jika semua pelanggan anda dari awal anda buka masih bertransaksi hingga sekarang, berapa besar bisnis anda?
Ada dua alasan mengapa marketing system menggali database customer sangat penting:
Biaya untuk mendapat customer baru harganya 6x lebih mahal daripada mengelola pelanggan lama.
Alasan kedua orang yang pernah mencoba pelayanan anda adalah orang yang paling mudah diyakinkan untuk membeli lagi.
Database bisa juga diambil dari prospek, atau orang yang hanya tanya-tanya saja. Salah satu trik yang saya bisa berikan untu membantu anda mendapatkan ribuan database pelanggan:
1. Siapkan form sederhana, berisi : Nama, Alamat, No telepon dan email
2. Siapkan insentif untuk setiap prospek yang mau mengisi
3. Insentif bisa berupa voucher diskon, pen cantik, boneka, pembatas buku, flashdisk, dan sebagainya
4. Siapkan program undian
5. Minta detail alamat kepada semua prospek dan customer yang sudah ada
6. Berikan alasan bahwa anda membutuhkan data ini agar anda bisa membantu prospek dan pelanggan anda mendapat pelayanan terbaik anda
7. Jika ada yang menolak, katakan ,”terima kasih,” jangan memaksa
So, marketing system kali ini, tawarkan kepada semua prospek yang datang untuk bergabung dengan komunitas Anda. Umumnya jika anda memiliki program yang menarik, mereka mau memberikan detail apapun yang Anda minta. Jika anda sudah mendapat detail informasi, manfaatkan sebaik-baiknya.
Untuk mendapat strategi detil tentang marketing kunjungi www.topcoachindonesia.com/bisnis
No comments:
Post a Comment